UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA


UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA





Pada hari Senin, 1 Oktober 2012, bertepatan dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila, SMP N 2 Ponjong mengadakan upacara bendera dengan tema Kesaktian Pancasila. Pelaksanaan upacara bendera dapat berjalan dengan lancar. 

Pada amanat Kepala SMP N 2 Ponjong, Bapak Hargo Warsono, S.Pd menyampaikan sekilas cerita tentang Pahlawan Revolusi yang dibantai oleh PKI. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dilakukan dalam rangka memperingati tragedi berdarah pada 30 September 1965 yang menewaskan 6 (enam) Petinggi TNI yaitu, Letjen TNI Ahmad Yani, Mayjen TNI R. Suprapto, Mayjen TNI MT. Haryono, Mayjen TNI Siswondo Parman, Brigjen TNI DI Panjaitan, Brigjen TNI Sutoyo Siswomiharjo, serta Ajudan Jenderal TNI AH. Nasution Lettu Pierre Tendean, dan putri Jenderal TNI AH. Nasution Ade Irma Suryani Nasution
Pengalaman menunjukkan bangsa Indonesia selalu mendapat serangan dari pihak lain yang ingin merusak Pancasila pada saat bangsa Indonesia tidak siap. Bangsa Indonesia terus bersatu dan kokoh dan harus terus memelihara Pancasila. Dengan memperingati Hari Kesaktian Pancasila setiap tanggal 1 Oktober, merupakan salah satu bentuk pemeliharaan dan pelestarian.
Dalam kesempatan itu pula, Kepala Sekolah memberi sayembara kepada siapa saja yang dapat menulis identitas lengkap korban pembantaian PKI, akan mendapat hadiah dari Kepala Sekolah.

Post a Comment

Previous Post Next Post